Bos Google Naik Gaji Habis PHK Massal, Karyawan Protes

Google CEO Sundar Pichai (Reuters/Beck Diefenbach)

CEO Google Sundar Pichai menerima kenaikan gaji yang lumayan tinggi tahun lalu. Kenaikan ini menjadikannya salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat.
Di satu sisi induk Google, Alphabet, telah secara agresif memotong biaya operasional, termasuk melakukan PHK terhadap 12.000 karyawan, sebagai tanggapan atas pertumbuhan pendapatan yang melambat.

Kenaikan gaji Pichai jelas menimbulkan kemarahan tenaga kerja Google. Dalam minggu-minggu sejak kompensasi tahunan Pichai diumumkan, platform internal Google telah dipenuhi dengan percakapan dan meme yang mengecam CEO karena menerima gaji besar, sambil memangkas biaya di tempat lain.

Beberapa karyawan juga mengkritik pembelian kembali saham tersebut yang menyamai pembelian kembali tahun 2022.

Pengajuan SEC menunjukkan Pichai dibayar total US$226 juta (Rp 3,4 triliun) tahun lalu, sebagian besar melalui penghargaan saham sebesar US$218 juta, yang dia terima setiap tiga tahun.

Terakhir kali dia menerima penghargaan tersebut pada tahun 2019 sebesar US$276,6 juta dan total kompensasi US$280,6 juta.

Paket 2022-nya termasuk hampir US$6 juta untuk keamanan pribadi dan US$2 juta gaji pokok. Pada tahun 2021, Pichai menerima total US$6,3 juta, yang terdiri dari gaji US$2 juta dan kompensasi lainnya sebesar US$4,3 juta.

Puluhan meme dari karyawan telah mengisi forum diskusi internal Google, menurut postingan yang dilihat oleh CNBC Internasional, dikutip Kamis (4/5/2023).

Satu meme dengan lebih dari 1.200 suka merujuk pada komentar dari kepala keuangan Ruth Porat, yang menulis bulan lalu dalam email yang jarang terjadi di seluruh perusahaan bahwa mereka melakukan pemotongan “multi-tahun” untuk layanan karyawan.

CNBC Internasional menemukan pemotongan berkisar dari laptop karyawan dan pengeluaran hingga kelas kebugaran dan item kafe.

“Penghematan biaya Ruth berlaku untuk semua orang, kecuali VPS dan CEO kami yang bekerja keras,” kata meme itu.

Google tidak memberikan komentar tentang kabar ini.

Meme populer lainnya menunjukkan gambar karakter Shrek Lord Farquaad dengan teks “Sundar menerima US$226 juta sambil memberhentikan 12 ribu karyawan Google, memotong tunjangan, dan menghancurkan moral dan budaya.” Kutipan dari karakter tersebut berbunyi, “beberapa dari Anda mungkin mati, tetapi itu adalah pengorbanan yang ingin saya lakukan.”

Dalam fantasi animasi komputer dari tahun 2001, Lord Farquaad adalah penguasa Duloc yang mengasingkan banyak makhluk dongeng ke rawa.

Topik tentang Pichai dan uang telah menjadi topik kontroversial sejak akhir tahun lalu, ketika CEO mengatakan pada pertemuan di seluruh perusahaan bahwa “kita tidak boleh selalu menyamakan kesenangan dengan uang”. Pada saat itu, dia menanggapi tunjangan tertentu yang dihilangkan perusahaan, tetapi dia menghindari pertanyaan karyawan tentang pemotongan kompensasi eksekutif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*